7 Penekanan Kapolri Disampaikan Kapolda Jambi Saat APEL gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2024

Menghadiri apel gelar pasukan OMB Gubernur Jambi, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, KABINDA Jambi, Ketua DPRD Provinsi Jambi, PJU Polda Jambi , PJU KOREM 042/Gapu, Kapolresta Jambi, Wakapolresta Jambi, Dandenpom II/2 Jambi, Walikota Jambi, Forkompimda Provinsi Jambi, Peserta apel terdiri dari TNI, Polri, Basarnas, Denpom II/2 Jambi, Satpol PP, Linmas , Dinas Perhubungan dan BPBD Provinsi Jambi, KPU dan Bawaslu Provinsi Jambi serta stakeholder dan unsur terkait pada pelaksanaan pemilu 2024 mendatang .

Pemilu Damai41 Dilihat
banner 970x250

 

JAMBI _ Apel gabungan Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 pengamanan pemilu 2024 dilaksanakan di lapangan Kantor Gubernur Jambi (17/10).

Menghadiri apel gelar pasukan OMB Gubernur Jambi, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, KABINDA Jambi, Ketua DPRD Provinsi Jambi, PJU Polda Jambi , PJU KOREM 042/Gapu, Kapolresta Jambi, Wakapolresta Jambi, Dandenpom II/2 Jambi, Walikota Jambi, Forkompimda Provinsi Jambi,

Peserta apel terdiri dari TNI, Polri, Basarnas, Denpom II/2 Jambi, Satpol PP, Linmas , Dinas Perhubungan dan BPBD Provinsi Jambi, KPU dan Bawaslu Provinsi Jambi serta stakeholder dan unsur terkait pada pelaksanaan pemilu 2024 mendatang .

Selaku pemimpin apel Kompol Lego Kardo Sitinjak Danyon Pelapor A Satbrimobda Jambi.
Apel diawali pemeriksaan pasukan oleh Kapolda Jambi dan Gubernur Jambi didampingi Kapolresta Jambi .

Pembina apel gelar pasukan Kapolda Jambi Irjen Pol Drs. Rusdi Hartono MSi menyampaikan amanat Kapolri
“Dalam pelaksanaan tugas, rekan-rekan sekalian tidak boleh under estimate tidak boleh menganggap remeh karena kita ketahui bersama potensi konflik dari pesta demokrasi ini dari kontestasi politik ini itu cukup tinggi.

Oleh karena itu saya harapkan rekan-rekan yang terlibat di dalam pengamanan pemilu tersebut pandai-pandailah rekan-rekan membaca situasi yang berkembang pandai-pandailah rekan-rekan untuk menilai situasi yang berkembang.

Sehingga rekan-rekan semua dapat mempersiapkan diri dan juga dapat mempersiapkan cara-cara bertindak yang tepat untuk menghadapi situasi yang berkembang di masyarakat sehingga tentunya rekan-rekan semua dapat mengelola dapat mengendalikan situasi Kamtibmas yang kondusif selama pesta demokrasi itu berlangsung .

Sekali lagi rekan-rekan sekalian hindari under estimate hindari menganggap remeh setiap perkembangan yang terjadi di masyarakat .

Amanat Kepala Kepolisian negara Republik Indonesia pada apel gelar pasukan operasi Mantap Brata 2023 2024
Apel Gelar Pasukan OMB
bukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana prasarana operasi Mantap Brata 2023 2024 sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa hal ini sebagaimana penyampaian Presiden Joko Widodo, bahwa tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita masa depan negara kita.

Melihat pentingnya hal tersebut maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna mensukseskan pemilu 2024 terlebih lagi Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam, serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

Oleh sebab itu guna mengamankan Pemilu 2024 maka Polri didukung TNI kelembagaan maupun instansi terkait lainnya dan juga Mitra Kamtibmas menggelar operasi Mantap Brata tahun 2023 2024.

Operasi ini dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh
261. 695 personil di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024.

Polri juga telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah atau zonasi bagi personil korp Brimob Polri dan Dalmas Nusantara, di mana Brimob terbagi dalam 4 wilayah, sedangkan untuk Dalmas Nusantara terbagi dalam 7 zonasi.

Bukan hanya itu Polri juga menyiapkan 2000 personil Brimob power on hand Kapolri, serta 8500 personil Dalmas nusantara yang siap dimobilisasi kapanpun dan dimanapun ke seluruh wilayah Indonesia ,sebagai dukungan terhadap operasi Mantap Brata 2023 2024.

Polri juga menggelar operasi Nusantara cooling system 2023 2024 untuk membangun narasi besar persatuan dan kesatuan serta kemajuan bangsa di atas kepentingan kelompok guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoax propaganda firehouse of dan black campaign.

Yang dilengkapi dengan Satgas anti money politik serta Satgas Pemilu damai sebagai pusat kendali koordinasi komunikasi dan informasi operasi ini akan didukung oleh comen center di tingkat Mabes Polri sampai dengan Polda jajaran , melalui dukungan sarana prasarana modern dan berbagai fitur yang ada diharapkan comen center mampu mengintegrasikan data maupun informasi sehingga seluruh personil pengamanan di lapangan dapat terorganisir secara terpadu , dari pusat hingga daerah untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas Kamtibmas pada pemilu 2024

5 provinsi , 85 kabupaten/kota kategori kerawanan tinggi , 2 provinsi satu kabupaten kota sangat rawan .

Segera langkah antisipasi bagi wilayah lawan jangan remeh tetap lakukan pengamanan maksimal .

Apabila terdapat konflik menganggu stabilitas penggunaan kekuatan sesuai SOP pegang azas Profesional , akuntabilitas , selalu berkoordinasi dengan stakeholder lainnya Guna memetakan kerawanan sehingga bisa memitigasi , bila terjadi bencana alam lakukan antisipasi , terorisme menjadi perhatian serius , 6 aksi serangan teror tidak boleh terjadi pemilu 2024 .

Optimalkan preventif agar pelaku teror ditangkap , jangan ada letupan kecil pada pemilu , selalu berkolaborasi dalam penyelesaian tindak pemilu secara profesional dan transparan sehingga mendapat legitimasi dari masyarakat .

Penekanan dari Kapolri : 1. tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang maha esa dan semoga tugas pengamanan ini menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua. 2. pastikan kesiapan perlengkapan pribadi sarana prasarana dan fasilitas penunjang lainnya sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi, 3. laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab Humanis dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan Body sistem guna menjamin keselamatan personil keempat pimpinan di setiap tingkatan harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing-masing, 5. lakukan pengaturan jadwal pengamanan sehingga kesehatan personil selalu dalam kondisi yang prima Hal ini penting mengingat operasi yang kita laksanakan cukup panjang dan pemilu 2024 dilakukan secara serentak, 6. ke depankan komunikasi publik dan upaya cooling sistem agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan pemilu 2024 dan terhindar dari polarisasi , 7. tingkatkan sinergitas dan soliditas antar seluruh personil pengamanan maupun stakeholder terkait karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi

Mari Bersama-sama mewujudkan pemilu damai demi Indonesia Emas” amanat Kapolri yang disampaikan Kapolda Jambi.
Penulis : Dody frn

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.