Gelar Rakor Lintas Sektoral, Polda Kalbar Siap Amankan Perayaan Imlek 2575 Kongzili

Kapolda Kalbar dalam sambutannya mengatakan, bahwa dalam rangka mengamankan perayaan Tahun Baru Imlek 2575 dan Cap Go Meh 2024, Polda Kalbar akan melaksanakan Operasi Kepolisian Kewilayahan, dengan sandi Operasi Liong Kapuas 2024. “Ops Liong Kapuas 2024 ini akan dilaksanakan selama 17 hari, terhitung mulai dari tanggal 9 Februari 2024 sampai dengan tanggal 25 Februari 2024.

Pemilu Damai48 Dilihat
banner 970x250

 

Pontianak Kalbar,

Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Imlek 2575 dan Cap Go Meh tahun 2024, Bertempat di Graha Khatulistiwa, Senin, (5/2).

Kegiatan dipimpin oleh Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Pipit Rismanto, S.I.K., M.H., dan dihadiri oleh Pj. Gubernur Kalbar yang diwakili sekda, Pangdam XII/Tanjungpura, Kajati Kalbar yang diwakili Wakajati, Danlanud Supadio yang diwakili Kadisops, Danlantamal XII Pontianak yang diwakili Asops Lantamal, Kabinda Kalbar, para pimpinan instansi pemerintahan dan non pemerintahan, serta para Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kalbar.

Kapolda Kalbar dalam sambutannya mengatakan, bahwa dalam rangka mengamankan perayaan Tahun Baru Imlek 2575 dan Cap Go Meh 2024, Polda Kalbar akan melaksanakan Operasi Kepolisian Kewilayahan, dengan sandi Operasi Liong Kapuas 2024.

“Ops Liong Kapuas 2024 ini akan dilaksanakan selama 17 hari, terhitung mulai dari tanggal 9 Februari 2024 sampai dengan tanggal 25 Februari 2024,” ujar Kapolda Kalbar.

Adapun dalam Operasi mandiri kewilayahan Liong Kapuas 2024 ini, Polda Kalbar telah menyiapkan sebanyak kurang lebih 764 personel dengan sasaran pengamanan berupa orang atau masyarakat, barang, kegiatan dan tempat perayaan atau peribadatan selama perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

Sekitar 314 Klenteng/Vihara di wilayah hukum Polda Kalbar dan jajaran telah terdata untuk kemudian menjadi target prioritas pengamanan, Polda Kalbar juga akan mendirikan 21 pos pengamanan di berbagai titik-titik rawan.

“Pada tahun 2024 ini, pelaksanaan Imlek dan Cap Go Meh bersamaan dengan tahap akhir kampanye, masa tenang, pungut dan hitung suara pemilu 2024, sehingga kerawanannya bisa berdampak pada pesta demokrasi pemilu yang sedang berlangsung,” ujar Kapolda Kalbar.

“Tentunya kerawanan-kerawanan tersebut harus kita antisipasi bersama, agar pelaksanaan perayaaan Imlek dan Cap Go Meh di wilayah Kalbar dapat berlangsung dengan aman dan lancar,” tambah Kapolda.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Kalbar juga mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh pihak yang hadir dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral.

“Ini merupakan bentuk semangat dan komitmen yang kuat diantara kita semua untuk mengamankan perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun 2024 di wilayah Kalbar,” ujar Irjen Pol Pipit Rismanto.

Kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Liong Kapuas 2024 ini, diselenggarakan Polda Kalbar dalam rangka persiapan Pengamanan Imlek 2575 dan Cap Go Meh tahun 2024 dalam bentuk Koordinasi dan Kolaborasi dengan instansi terkait, serta menerima saran dan masukan dalam rencana Pengamanan sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.

Sumber: Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K., M.M.Kabidhumas Polda Kalbar

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.